Kamis, 26 Mei 2011

Tahapan Belajar Wing Chun

0 Comment


Pembaca sekalian, ternyata susah juga dalam menciptakan karya tulis. 

sudah lama juga gak update disini. berikut adalah artikel saya yang terakhir tapi bukan yang paling terakhir mengenai Wing Chun.

Banyak orang salah kaprah mengenai Wing Chun. begini, menurut sejarah, Wing Chun diciptakan oleh Biksuni Ng Mui. menurut analisa saya dari beberapa artikel maupun catatan sejarah, Ng Mui adalah salah satu pemberontak yang menentang Rezim Tirani saat itu. karena pemberontakan gagal, Biksuni ini melarikan diri ke selatan. Biksuni ini sendiri bukan aliran Shaolin. karena saat itu Shaolin berisikan Biksu. Jadi kalau ada yang klaim Wing Chun itu berasal dari Shaolin, itu salah total. karena di Shaolin sendiri tidak pernah dilatih Wing Chun. Wing Chun memang aliran selatan. dan berkembang di sisi awam dari kalangan Ciang Hu ( Kang Ouw ). dan dilatihpun bukan di Biara.  Wing Chun sendiri adalah aliran Hung Mei, yamh dari dulu terkenal dengan teknik langkah kakinya yang indah dan efektif. Pendekar wanita yang terkenal di aliran Wing Chun antara lain Yim Wing Chun dan Ibu dari Fong Sai Yuk. sekarang Wing Chun lebih dipelajari oleh kaum Adam.

Biksuni Ng Mui sendiri selain menciptakan Wing Chun masih menciptakan beberapa teknik lain. ada sedikit perbedaan antara Wing Chun yang dilatih oleh Yim Wing Chun dengan aliran yang berkembang di sekitar Kuang Tung. hal yang paling mencolok adalah dari Mok Yan Cong yaitu manusia kayunya. jika versi Yim Wing Chun manusia kayu mirip dengan yang dilatih sekarang. tapi yang di selatan, memiliki struktur yang berbeda dan bisa berputar sampai kaki. dan dari teknik pun, terpengaruh sekali dengan teknik Shaolin Selatan khususnya Jurus Macan dan Bangau. Wing Chun sendiri sebenarnya adalah gabungan dari teknik Bangau aliran selatan dan Teknik Standing Ular Selatan.

Banyak yang bertanya, berapa lama sih bisa menguasai Wing Chun. sebenarnya tergantung murid itu sendiri. Wing Chun jika dilatih benar, bukan hanya Wing Chun, bisa dilatih dalam 3 Bulan. tentu harus melalui beberapa tahapan dan dilatih oleh guru yang memang menguasai teknik itu luar dan dalam, serta mengerti inti-inti dari Kungfu ini. Kalau tidak, latihan puluhan tahun pun, tidak akan sempurna.

Tahapan berlatih Wing Chun bisa kita Bagi menjadi beberapa tahapan. NAmun sebelum itu ada baiknya kita bahas mengenai apa saja yang ada di Wing Chun.

Bicara mengenai Wing Chun, orang sekarang lebih lihat referensi film IP Man. sehingga jika ditanya apa itu Wing Chun ? pasti jawabnya kecepatan. apakah salah? tidak juga.

Wing Chun adalah : Kekuatan, Kecepatan, Keseimbangan, Akselerasi, Perasaan ( Gerak Rasa )

Kekuatan : Kekuatan Wing Chun bukan terletak di pangkal tangan, tapi di tengah dan di ujung tangan. istilah ini saya sering sebut Zhong men dan Xiao Men.

Kecepatan : Wing Chun mengandalkan kecepatan yang memiliki ketepatan atau akselerasi. bukan kecepatan buta. 
 
jadi, bukan sekedar kecepatan saja. sebenarnya hal kecepatan tangan atau lebih bagusnya disebut kecepatan perpindahan tangan, hal ini lumrah. karena sewaktu ilmu ini diajarkan kepada Yim Wing Chun, yang notabene adalah kaum Hawa, jadi diandalkan kecepatan. namun setelah suami dari Yim Wing Chun mempelajari ini, mulailah ada diadakan perubahan latihan lebih ke arah kekuatan.

Keseimbangan : Keseimbangan ini dimaksudkan adalah keseimbangan saat perubahan gerakan. kita tau, seperti halnya Mi Zhong Yi, Wing Chun memiliki perubahan yang sangat cepat. jadi antara satu gerakan dengan gerakan yang lain harus seimbang untuk menjaga kesinambungan gerakan.

Akselerasi : adalah ketepatan sasaran WIng Chun dalam memblok serangan lawan. ketepatan adalah hal lain disamping cara blok yang harus benar.

Gerak rasa : hal penting yang dilupakan praktisi sebelum masuk ke Chi Sao.






tahapan belajar Wing Chun :

1. Siu Lim Tao : semua gerakan tangan Wing Chun ada disini.
2. Jim Kiu       : Keseimbangan gerakan
3. Biu Chee    : Kecepatan, keseimbangan, kekuatan
4. Mok Yan Jong : Kecepatan, Keseimbangan, Kekuatan, Akselerasi
5. Suang Hu Tie Duan Jian : Pedang Kupu-kupu
6. Cang Gun : Tongkat pendayung 

Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Label

About Love (21) AC MILAN (3) Android (3) Anti Virus (2) Apps (2) Blackberry (2) Celebrity (1) Compare (2) Computer (21) Dewasa (1) Fashion (2) Funny (3) Gadget (7) Games (3) Hardware (7) Humor (6) Info (46) IOS (2) Motivasi (10) News (80) People (7) Preview (1) Review (3) Robot (1) Science (1) Software (6) Tablet (1) Technology (9) Tips And Tricks (5) Tips Ryo (43) Wanita (10)