Prestasi Panasonic di Tanah Air sejatinya tak terlalu suram. Tahun lalu, mereka mencaplok kue pasar 5,8% di bisnis kamera.
"Di tahun 2012, kita berharap market share untuk kamera Panasonic Lumix di Indonesia bisa mencapai target minimal 10%," demikian ujar Agung Ariefiand selaku Network Produk Supervisor Imaging Product Marketing Departemen PT Panasonic Gobel Indonesia.
Optimisme tersebut sebenarnya bukanlah hal muluk. Terlebih, piranti kamera sudah bukan menjadi barang mewah lagi di kalangan masyarakat.
Melihat perkembangan pasar kamera di Indonesia, Panasonic melihat bahwa kondisi Indonesia cukup unik. Dituturkan Agung, memang pasar sekarang ini berkembang namun yang unik pertumbuhan pasarnya sudah bergeser.
"Amount-nya besar, tapi unitnya kecil. Orang lebih cenderung beli kamera mahal, yakni DSLR atau mirrorless," ujarnya, di acara peluncuran kamera dan camcorder terbaru Panasonic di hotel Pullman, Jakarta, Selasa (12/6/2012).
10 tahun berkiprah di bisnis kamera, Panasonic sendiri masih menyadari bahwa mereka masih berstatus pemain anyar.
Gebrakan vendor Jepang ini di jagad fotografi bisa ditilik salah satunya pada tahun 2009 lalu di mana mereka menjadi pelopor untuk kamera dengan sistem micro four thirds atau biasa dikenal dengan sebutan mirrorless.
via | Detik