Minggu, 17 Juni 2012

Apa Itu Augmented Reality?

0 Comment

Techno Again - Apakah Anda sering mendengar teknologi Augmented Reality(AR)? Jika iya, apakah Anda mengetahui definisi dari  AR? Jika belum, Gadgetan akan menjelaskan apa itu AR menurut Peter Shearer, Managing Director AR&Co.


Jumat (15/6), bertempat di ruang 430 Lt. 4 Kampus Anggrek, Universitas Bina Nusantara, Peter Shearer menjelaskan arti sederhana dari AR yang menurutnya adalah AR berasal dari kata Augmented (ditambahkan) dan Reality (kenyataan), sehingga apabila digabungkan akan menjadi kenyataan yang makin terlihat nyata pada perangkat elektronik Anda.

Peter Shearer, Managing Director AR&Co.

Namun dijelaskan lebih lanjut oleh beliau, AR adalah penggabungan benda-benda yang ada di dunia maya (virtual) ke dalam dunia nyata dalam bentuk dua dimensi ataupun tiga dimensi. Penggabungan ini kemudian dimaksimalkan dengan kemampuan berinteraksi secara langsung dengan objek tersebut.

Menurut beliau juga, teknologi AR sudah diimpikan sejak dulu dan sering muncul di film ataupun anime Jepang. Jika Anda sering membaca komik Dragon Ball, dan kacamata yang digunakan untuk mengukur tenaga lawan oleh karakter di komik tersebut adalah teknologi AR. Begitu juga film Hollywood seperti Minority Report (2003) yang menggunakan teknologi komputer AR, serta Iron Man 2 (2010) lewat asisten komputernya, Jarvis. Silakan simak link video di bawah ini.

YouTube Preview Image YouTube Preview Image
Penerapan AR sendiri sudah lama digunakan di dunia kemiliteran, biasanya digunakan oleh pilot pesawat tempur. Namun, ketika zaman semakin canggih, beberapa perusahaan mengambil intisari yang baik kemudian  menerapkan konsep AR di kehidupan sehari-hari. Google bahkan sedang giat melakukan promosi terhadap Google Glassnya yang akan menerapkan teknologi AR. Sederhananya, beliau menggambarkan AR dengan video di bawah ini.
YouTube Preview Image
Di Indonesia sendiri, meskipun kebanyakan AR digunakan sebagai sarana promosi dan iklan brand tertentu, namun ke depannya teknologi ini diharapkan dapat dikembangkan ke berbagai hal seperti pendidikan, informasi tempat, diskon dan belanja. Ke depannya, AR&Co., berharap Indonesia akan memiliki kota virtual seperti pada video di bawah ini.

YouTube Preview Image
AR&Co. bekerja sama dengan Binus sedang mengadakan pameran AR. Jika Anda tidak bisa menghadiri acara tersebut, Gadgetan akan memberikan gambaran acara kepada Anda. Suasana pameran di lantai dasar kampus Anggrek Binus dengan menampilkan teknologi AR dari perusahaan-perusahaan Indonesia.

Menggunakan sebuah kertas, ada gambar 3D yang muncul di layar televisi
Tampilan wajah yang berubah karena teknologi AR
Seragam yang bisa diubah-ubah dengan teknologi AR
Dengan AR, Koran Kompas yang 2D berubah menjadi 3D jika dihadapkan dengan kamera tablet

Masih banyak stand lain yang menunjukkan kekreatifan para pengembang aplikasi AR lokal. So, jangan lewatkan pameran AR di Binus, 15-16 Juni 2012.

via | Gadgetan

Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Label

About Love (21) AC MILAN (3) Android (3) Anti Virus (2) Apps (2) Blackberry (2) Celebrity (1) Compare (2) Computer (21) Dewasa (1) Fashion (2) Funny (3) Gadget (7) Games (3) Hardware (7) Humor (6) Info (46) IOS (2) Motivasi (10) News (80) People (7) Preview (1) Review (3) Robot (1) Science (1) Software (6) Tablet (1) Technology (9) Tips And Tricks (5) Tips Ryo (43) Wanita (10)